Kamis, 26 Agustus 2010

Contoh RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 1, 2 dan 3
TEMA : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU : 3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa (PKn)
 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah(IPS)
 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
 Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI)
 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang
santun(BI)
 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa
yang santun(BI)
 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat (BI)
 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf (BI)
 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf (BI)
 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar (Se – Bud)
 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
(Se – Bud)
 Melafalkan lagu anak-anak(Se – Bud)
 Mengenal bagian-bagian tubuih dan kegunaannya serta cara perawatannya
 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat (IPA)
 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar(IPA )
 Membilang banyak benda
 Mengurutkan banyak benda
 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat)
 permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri (Orkes)

II. INDIKATOR
 Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan(PKn)
 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga
 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat (IPS)
 Menyebutkan nama pendek dan nama panjang
 Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
 Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI)
 Menyebutkan data diri (nama, kelas, se-kolah dan tempat tinggal) dg kalimat
sederhana
 Menyebutkan nama orang tua dan saudara kandung
 Mengelompokkan berbagai jenis dan ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan
bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
 Membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif dengan unsur rupa
 Menentukan sumber bunyi
 Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA )
 Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
 Membilang atau menghitung secara urut (Mat)
 Menyebutkan banyak benda
 Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit atau sama banyak
 Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam berbagai posisi (Orkes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
 Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
 Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
 Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

2. Kegiatan Inti
1) Meminta semua siswa mengamati gambar Keluarga Adi Yang terdiri dari ayah,
ibu, asih dan adi. Guru menceritakan makna gambar, dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang nama masing-masing siswa,
2) Guru membacakan teks tentang “keluargaku” dan semua siswa menirukan cara
membaca dengan lafal yang tepat
3) Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah
dengan kalimat sederhana (PKWn & IPS & BI, MAT)
 siapa nama panggilannya,
 siapa nama panjang/lengkapnya
 siapa nama ayahnya
 dan ibunya (PKWn & IPS & BI)
4) Semua siswa diminta mengamati contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas,
serta cara penulisannya.
5) Setiap siswa belajar menulis data dirinya di buku masing-masing, untuk
mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat
sederhana (PKWn & IPS & BI).
6) Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga Adi
7) Meminta siswa (yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau
tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain
bertepuk tangan memberi semangat
8) Guru bercerita bahwa di dunia ini selain manusia ada bermacam-macam isinya
 Ada manusia
 Ada hewan
 Ada tumbuhan
 Dan semua orang pastilah punya nama
9) Bertanya jawab tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu saling
menyayangi, guru bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi dan
bagaimana hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKWn & IPS & BI)
10) Memanggil salah satu siswa untuk bercerita tentang kasih sayang di
keluarganya (untuk melatih keberanian dalam mengungkapkan isi hatinya)
(PKWn & IPS & BI)
11) Guru bercerita bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan (Cakrawala hal 3)
 Ada laki-laki
 Ada perempuan
 Ayah yang sudah tua
 Ada yang masih anak-anak
 Ada yang senang olah raga
 Ada yang senang menyanyi

12) Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, membahas tentang
gambar sikap orang tua terhadap anak, sikap terhadap teman yang berbeda
jenis kelamin (PKWn & IPS & BI)
13) Kalau belajar ibu akan menemani
14) Kalau mandi, ibulah yang menyiapkan bajunya
15) Ayah juga sayang kepada anak-anak. Ayah yang mencari nafkah, ibu juga
membantu ayah
16) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26)
dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada
dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3. Kegiatan Akhir/Penutup
1) Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi
2) Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3) Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 Gambar-gambar tentang Keluarga
 Lingkungan keluarga
 Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
 Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika,
Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

V. PENILAIAN
 Penilaian Lisan (dalam proses)
 Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
 Penilaian Produk
 Penilaian Portofolio
 Penilaian Tertulis Obyektif
 Penilaian Tertulis Subyektif
 Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

Mengetahui, Guru Kelas 1


Kepala Sekolah

1 komentar: